4
Kecamatan Sungai Geringging merupakan salah satu diantara 17 Kecamatan yang ada di Padang Pariaman, posisi astronomi Kecamatan Sungai Geringging terletak antara 1000 07' 00 Bujur Timur dan 00 33' 00" Lintang Selatan, dengan luas wilayah sekitar 99,35 km2, luas daratan kecamatan ini setara dengan 7,48 persen dari luar daratan wilayah Padang Pariaman.

Batas-batas wilayah Kecamatan Sungai Geringging adalah sebagai berikut:

  • Sebelah Barat berbatas dengan Kecamatan Batang Gasan dan Kecamatan Sungai Limau
  • Sebelah Timur berbatas dengan Kecamatan V Koto Kampung Dalam
  • Sebelah Utara berbatas dengan Kecamatan IV Koto Aur Malintang
  • Sebelah Selatan berbatas dengan Kecamatan Sungai Limau

Kecamatan Sungai Geringging yang mempunyai luas wilayah sekitar 99.35 km2. Dengan luas wilayah sebesar tersebut, Kecamatan Sungai Geringging terdiri dari 4 nagari. Dari 4 nagari tersebut, Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu merupakan nagari yang memiliki wilayah paling luas, yakni 35,70 km2 atau sekitar 36 persen dari total wilayah Kecamatan Sungai Geringging. Sedangkan nagari Batu Gadang Kuranji Hulu memiliki luasnagari yang paling kecil dibandingkan nagari lainnya, yakni 17,08 km2 atau sekirat 17 persen dari total wilayah Kecamatan Sungai Geringging.

Nagari Kuranji Hulu yang memiliki luas wilayah sekitar 27,94 km2 merupakan wilayah yang memiliki wilayah terluas kedua setelah Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu. Sedangkan Nagari Malai III Koto memiliki luas wilayah terkecil kedua yakni sekitar 18,63 km2, setelah Nagari Batu Gadang.

Tahukah Anda??? Kecamatan Sungai Geringging dengan Luas 99,35 km2 adalah kecamatan nomor 5 terluas di Kabupaten Padang Pariaman

Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

Post a Comment

  1. Bagus infonyo. Jadi wak tau dima latak kampuang wak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yop Dafer 1984, info nyo baru saketek, masih mancari-cari yang bisa ngirim artikel

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Semoga suger bisa lebih berbenah dan lebih berkembang di segala aspek salam dari ambon anak nagari batugadang(kh)

    ReplyDelete

 
Top